Manfaat Tauge bagi Kesehatan Tubuh | Segera Konsumsi Tauge !!

Manfaat Tauge bagi Kesehatan Tubuh | Segera Konsumsi Tauge !!

Manfaat Tauge Bagi Kesehatan Tubuh – Tauge adalah salah satu jenis makanan sayuran kecambah sejenis kacang-kacangan / tunas kacang yang memberikan banyak manfaat bagi tubuh. Sebagian orang berkata jika wanita atau pria yang ingin sekali memiliki anak maka perbanyak- banyaklah memakan tauge. Tapi sebenarnya tauge bukan hanya makanan penambah kesuburan saja, akan tetapi banyak sekali manfaat yang terkandung di dalamnya.

Berikut dibawah ini adalah beberapa manfaat Toge buat kesehatan anda:

Kaya akan Vitamin E
Tauge banyak mengandung anti oksidan dan vitamin E yang berkhasiat bagi kesuburan pria dan wanita selain itu mampu mendongkrak vitalitas pria dan kejantanannya.

Kaya Protein
Dibandingkan dengan kandungan protein dalam biji aslinya, karena selama proses menjadi kecambah/tunas, terjadi pembentukan asam-asam amino esensial yang merupakan penyusun protein.

Mencegah kanker, serangan jantung dan stroke
Karena proses menjadi tauge telah menguraikan 94% rantai olisakarida menjadi karbohidrat sederhana.

Membangkitkan kekebalan
Protein tauge lebih tinggi 19% dibandingkan dengan kandungan protein dalam biji aslinya, karena, selama proses menjadi kecambah, terjadi pembentukan asam-asam amino esensial yang merupakan penyusun protein.

Memperlancar Pencernaan
Tauge juga mengandung serat yang membantu pembersihan kotoran di dalam usus besar. Sebaiknya makanan kecambah ini di konsumsi matang. Hal ini dimaksudkan agar tidak terkena bahaya E-coli, yang memungkinkan terjadinya kontaminasi pada sayuran dan kemasan ulang tersebut.

Selain menghindari makanan mentah, badan keamanan pangan tersebut juga merekomendasikan agar konsumen tidak menanam kecambah untuk konsumsi sendiri dan hanya memakan kecambah yang sudah dimasak. Sebelum mewabahnya E coli, kecambah digolongkan ke dalam bahan pangan yang sehat untuk campuran salad.

Meskipun orang Indonesia pada umumnya lebih suka makanan yang matang, tetapi menurut Dr Anis Karuniawati Sp.MK, Ketua Departemen Mikrobiologi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, kita harus tetap waspada terhadap bahaya E coli. Dari Eropa dilaporkan, sedikitnya 48 orang di Jerman tewas karena wabah bakteri E coli strain baru yang disebabkan karena kecambah.

Sementara itu, di Perancis penyebab wabah juga diduga karena kecambah dan menyebabkan 10 orang sakit. Untuk mencegah kemungkinan infeksi bakteri membahayakan, kata Anis, setidaknya ada tiga langkah yang dapat dilakukan.

Pertama, hindari makan makanan yang mentah serta cuci sayuran dengan air matang untuk mengurangi jumlah bakteri.

Kedua, memasak makanan/minuman dengan benar, sampai matang.

Ketiga, cuci tangan dengan air dan sabun sebelum makan. Nah maka dari itu mulai sekarang baiknya kita mengkonsumsi makanan matang, agar virus dan kuman-kumannya secara otomatis mati, dan kita mampu menjaga kebersihan makanan juga waspada terhadap bahaya E coli untuk tubuh.

Leave a Comment